Cara Melancarkan ASI Ketika Baru Melahirkan

Cara melancarkan ASI ketika baru melahirkan – Perlu Anda tahu bahwasanya selama masa kehamilan trimester kedua dan ketiga, biasanya tubuh ibu hamil akan memproduksi ASI secara terus menerus. Produksi ASI akan terjadi secara alami sebagai suatu reaksi tubuh yang akan segera melahirkan. Setelah beberapa menit lakukan proses persalinan, ASI tersebut biasanya akan segera keluar lewat inisiasi menyusui dini atau IMD yang dilakukan dengan langsung menyusui bayinya yang baru saja dilahirkan. Akan tetapi, ada kalanya pada beberapa wanita, ASI ini tak bisa keluar saat dilakukan IMD atau pun meski keluar alirannya sangat sedikit sekali dan tidak lancar. Kondisi yang seperti ini sebenarnya tak perlu dikhawatirkan, asal ibu mau melakukan beberapa cara melancarkan ASI ketika baru melahirkan berikut ini.

Cara Melancarkan Asi Ketika Baru Melahirkan

Cara Melancarkan ASI Ketika Baru Melahirkan

Hynobreastfeeding

Cara melancarkan ASI ketika baru melahirkan yang pertama adalah melakukan teknik hypnobreastfeeding. Teknik tersebut dilakukan dengan cara menciptakan perasaan tenang, membayangkan ASI mengalir deras dan juga mengilusikan bayi sedang menyusui dengan lahap. Kedekatan Anda dengan si kecil memiliki peran penting dalam keberhasilan teknik tersebut. Oleh sebab itulah, sebelum akhirnya Anda melakukan teknik ini coba untuk menggendong bayi Anda, menimangnya dan menciumnya.

Kompres payudara

Cara yang selanjutnya agar ASI yang dikeluarkan lebih lancar dan banyak saat baru melahirkan adalah dengan mengkompres payudara Anda menggunakan air hangat. Air hangat ini bisa membantu dalam merelaksasikan otot – otot payudara Anda yang terasa kencang dan kaku. Relaksasi otot payudar ini tentu akan sangat membantu ASI Anda supaya mudah keluar.

Minum air hangat

Selain digunakan untuk mengkompres payudara, air hangat ini juga bisa diminum untuk rangsang tubuh supaya memproduksi hormon oksitosin dan juga hormon prolaktin. Yang mana kedua hormon tersebut sangat penting sekali untuk lancarkan aliran ASI yang tak keluar setelah melahirkan. Prolaktin bisa menstimulasi kantung alveoli supaya mau memproduksi ASI. Sementara untuk oksitosin sendiri bisa menstimulasi ASI supaya mengalir keluar dengan sangat deras.

Simulasi puting

Produksi hormon oksitosin juga bisa ditingkatkan lagi dengan cara melakukan stimulasi puting payudara. Stimulasi puting ini bisa dilakukan dengan cara menyentuh secara lembut atau pun memelintirnya secara perlahan. Anda juga bisa melakukan teknik tersebut sendiri tetapi lebih baik mintalah suami Anda untuk mengerjakannya.

Pijat oksitosin

Untuk bisa mengatasi ASI yang tak bisa keluar ketika baru melahirkan, beberapa dokter umumnya akan lakukan teknik pijat oksitosin. Teknik yang satu ini dilakukan dengan cara memijat leher turun ke punggung dengan menggunakan jari tengah atau pun jempol secara perlahan. Teknik tersebut ternyata cukup efektif sekali dalam meransang produksi hormon oksitosin si pelancar ASI. Bila mungkin tak ada dokter, minta suami Anda untuk melakukan pijatan tersebut beberapa kali.

Mengkonsumsi Mama Asix

Mama Asix merupakan teh pelancar ASI dalam bentuk tea bag yang dapat membantu ibu menyusui untuk melancarkan, memperbanyak, serta meningkatkan produksi ASI, sehingga ASI bisa keluar lebih lancar dan banyak. Mama Asix mengandung herbal pilihan seperti Adas, Kayu Manis, Bunga Lawang, Habbatussauda, Temulawak dan Fenugreek.

Beberapa manfaat dan kelebihan dari Mama Asix ini diantaranya membantu memperlancar keluarnya ASI dan juga meningkatkan kuantitas ASI. Mama Asix lebih aman dikonsumsi sebab terbuat dari 100% bahan herbal, sangat praktis dalam bentuk teh kantong dan hemat sebab bisa untuk konsumsi 1 bulan (30 hari).

Demikianlah informasi yang bisa kami bagikan tentang cara melancarkan ASI ketika baru melahirkan. Semoga informasi diatas bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *