Apakah Memompa ASI Merusak Payudara?

Apakah memompa ASI merusak payudara? – Apa benar, memompa ASI bisa merusak payudara Anda? Perlu Anda tahu terlebih dulu bahwasannya ada banyak wanita yang memerah ASI menggunakan pompa atau pun breast pump. Memompa ASI ini biasanya dilakukan untuk persediaan makan bayi, terutama bila ibu memiliki aktifitas di luar rumah yang cukup padat. Akan tetapi, tak sedikit kekhawatiran ibu yang takut nanti payudaranya akan jadi rusak sebab penggunaan pompa ASI. Apa itu benar?

apakah memompa asi merusak payudara

Apakah Memompa ASI Merusak Payudara?

Dr. Wardah Suhaili Sp.O.G mengatakan bahwa mengeluarkan ASI akan sangat baik sekali bagi ibu yang menyusui sekalipun itu menggunakan alat pompa atau brast pump. Ada beberapa faktor kenapa ibu menggunakannya, diantaranya karena puting susu masuk ke dalam atau pun sang bayi memang tak mampu menyedot susu yang ada pada puting ibu.

Dan yang demikian ini sama sekali tak akan merusak kelenjar payudara. Meskipun mungkin pada saat menggunakan alat pemompa ada sedikit tekanan, hal tersebut tak akan merusak kelenjar payudara sang ibu. Dr. Wardah juga menjawab atas mitos kesehatan bahwasannya penggunaan pompa bisa berpotensi munculnya kanker payudara. Ia menegaskan bahwa itu sama sekali tidak benar. Malah mengeluarkan ASI bagus untuk mencegah kanker payudara. Justru bila ASI tidak dikeluarkan, itu yang akan berpotensi munculnya kanker payudara.

Tak ada keterangan dari mana pun mengenai kerusakan pada kelenjar payudara atau pun kanker. Semua akan berjalan dengan baik. Breast pump ini biasanya digunakan ibu bekerja dan sangat sibuk dengan pekerjaannya. Jadi, ibu memerah ASI dengan menggunakan brast pump untuk cadangan selama ibu tak ada di rumah.

Sementara itu, Upi Fitriyanti coordinator ASI for Baby mengatakan bahwa kekhawatiran itu tak perlu, karena memompa ASI tak akan merusak payudara. Memang ibu lebih dianjurkan untuk menggunakan pompa manual atau pun elektrik yang mudah disterilisasi, ibu juga harus tahu beberapa teknik pada saat memompa.

Sebelum mulai memompa, Upi mengatakan bahwasannya ada hal – hal yang harus dilakukan ibu, yakni memulainya dengan mencuci kedua tangan, duduk dengan posisi yang nyaman dan santai, serta merangsang hormon oksitosin. Hormon satu ini sangat berguna sekali untuk menyekresi air susu dengan cara merangsang kontraksi payudara pada ibu menyusui. Setelah itu, silakan lakukan pemijatan payudara secara perlahan – lahan.

Jadi tidak benar jika memompa ASI bisa merusak payudara. Idealnya memang bayi bisa menyusu secara langsung dari payudara ibu sebab belum ada satu pun pompa ASI yang bisa gantikan refleks hormonal yang dihasilkan oleh isapan bayi yang akan terus memicu produksi ASI. Mengenai pilihan cara memeah ASI baik itu secara manual atau pun elektrik, semua tergantung dari kenyamanan ibu dalam melakukan teknik tersebut.

Tetapi, jika Anda memang memiliki masalah dengan produksi ASI yang kurang lancar dan melimpah, solusinya adalah dengan mengkonsumsi Mama Asix. Mama Asix ini adalah teh pelancar ASI dalam bentuk tea bag atau teh kantong yang nanti akan membantu melancarkan, memperbanyak dan juga meningkatkan produksi ASI, sehingga ASI bisa keluar lebih lancar dan banyak. Mama Asix mengandung herbal pilihan seperti Adas, Kayu Manis, Bunga Lawang, Fenugreek, Habbatussauda dan Temulawak.

Beberapa manfaat dan kelebihan yang diberikan Mama Asix diantaranya membantu memperlancar keluarnya ASI dan meningkatkan kuantitas ASI. Mama Asix lebih aman 100% dari bahan herbal, sangat praktis dalam bentuk teh kantong dan hemat sebab bisa untuk konsumsi 1 bulan (30 hari).

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang apakah memompa ASI merusak payudara. Semoga informasi diatas bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *