Agar ASI Banyak dan Kental

Agar ASI banyak dan kental – Tahukah Anda, bagaimana sih cara agar ASI banyak dan kental? ASI adalah salah satu jenis makanan terbaik bagi bayi yang memang sudah seharusnya tak tergantikan selama 6 bulan pertama kelahiran bayi. ASI jadi antibody alami bagi bayi dan penuhi kebutuhan nutrisi, seperti protein, vitamin, mineral, lemak dan karbohidrat.

Tetapi sangat disayangkan sekali, tidak semua ibu memiliki ASI yang banyak dan kental. Sandra Fikawati adalah pengajar Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia mengatakan, ibu hamil harus persiapkan sejak awal supaya ASI lancar, banyak, berkualitas dan kental pada saat diberikan pada bayinya. Dan berikut ini adalah beberapa cara agar ASI banyak dan kental yang perlu dilakukan ibu.

Cara Agar ASI Banyak dan Kental

Percaya diri

Ibu harus memiliki kepercayaan diri yang kuat dan yakin bisa memberikan ASI kepada bayinya. Perasaan percaya diri ini bisa tingkatkan hormon oksitosin yang berperan penting dalam produksi ASI.

Menyusui dengan benar

Produksi dan kekentalan ASI juga bisa maksimal bila melakukan teknik menyusui dengan benar. Pada saat menyusui, tidak perlu menekan puting susu Anda. Usahakan sebagian besar kalang payudara Anda masuk ke dalam mulut bayi, sehingga puting ada dibawah langit – langit dan lidah bayi akan menekan ASI untuk keluar. Biasanya, ASI akan habis seusai disusukan selama 10 – 15 menit. Payudara akan kembali penuh setelah 2 jam setelahnya.

Menghindari penggunaan dot atau empeng

Jangan pernah memberikan bayi dot atau empeng. Bila dibiasakan, maka bayi Anda akan menolak bila disodorkan ASI. Dot atau empeng yang dibuat dari bahan karet tak bisa menyamai payudara Anda.

Jangan memberikan susu formula

Untuk bisa mensukseskan ASI eksklusif selama 6 bulan, jangan pernah memberikan bayi susu formula. Susu formula atau pun makanan lain pada bayi bisa buat bayi kenyang. Akibatnya, konsumsi ASI jadi berkurang dan otomatis isapan bayi pada payudara pun berkurang. Isapan bayi bisa rangsang hormon oksitosin yang bisa produksi ASI dan hormon prolaktin untuk keluarkan ASI.

Hindari stress

Ibu menyusui juga perlu hindari stress. Pikiran harus rileks supaya bisa keluarkan hormon oksitosin sehingga rangsang produksi ASI dengan baik. Jauhi pikiran negatif, marah dan perasaan cemas.

Konsumsi makanan bergizi

Apabila status gizi ibu berkurang pada saat melahirkan dan konsumsi energi ketika menyusui rendah, maka lemak cadangan ibu untuk produksi ASI tak mencukupi. Asupan gizi yang baik serta sesuai kebutuhan akan hasilkan ASI yang banyak, berkualitas dan kental.

Selain melakukan beberapa cara di atas agar ASI banyak dan kental, alternatif lain yang juga bisa Anda lakukan adalah dengan mengkonsumsi Mama Asix satu ini. Mama Asix adalah salah satu teh pelancar ASI dalam bentuk tea bag yang bisa bantu para ibu menyusui untuk lancarkan, perbanyak dan tingkatkan produksi ASI, bahkan Mama Asix ini juga bisa menjadikan produksi ASI jadi lebih kental. Mama Asix dibuat dari bahan herbal alami pilihan sehingga aman untuk ibu dan bayi, seperti kandungan Adas, Fenugreek, Bunga Lawang, Temulawak, Kayu Manis dan Habbatussauda.

Beberapa manfaat dan kelebihan dari Mama Asix diantaranya bisa membantu memperlancar keluarnya ASI dan meningkatkan kuantitas ASI. Lebih aman sebab 100% dari bahan herbal, lebih praktis dalam bentuk teh kantong dan hemat karena bisa untuk dikonsumsi selama 1 bulan (30 hari).

Demikianlah yang bisa kami informasikan kepada Anda tentang agar ASI banyak dan kental. Semoga informasi diatas bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *